- 1. LSA = LIFE SAVING APPLIANCES SOLAS 74 Ch. III + LSA CODE • DAFTAR DARI SEMUA ALAT-ALAT KESELAMATAN YANG ADA DIATAS KAPAL; LIFE BOATS LIFE RAFT LIFE BUOYS LIFE JACKETS IMMERSION SUITS TPA, THERMAL PROTECTIVE AID PYROTECHNICS, LINE THROWING APPARATUS DAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN ALAT-ALAT TERSEBUT DIATAS (LSA Code)
- 2. MUSTER LIST & MUSTER STATION Sijil Keadaan Darurat : Suatu daftar yang berisikan nama dan jabatan semua anak buah kapal beserta tugas-tugas khusus yang harus dilaksanakan untuk mengatasi keadaan- keadaan darurat yang mungkin akan terjadi diatas kapal. Muster list, Sijil kumpul abk diatas kapal berisi semua daftar keadaan darurat dan signal alarm bunyi serta posisi, tugas & tanggung jawab masing-masing anggota diatas kapal yang perlu diketahui, dipahami & dikuasai oleh semua awak kapal & penumpang dengan cara selalu melakukan latihan/drill sesuai schedule latihan secara interval waktu sebagaimana diatur dalam ketentuan yang berlaku yaitu; (SOLAS CH. III. Reg. 8 & 37 Muster List & Emergency Instructions).
- 3. ALARM AND MUSTER STATION • Pada saat alarm dibunyikan */ when the alarm signal is sounded: – Team leader Ch. Mate/Safety Officer and or Deputy mustered all members. • Questioned them all one by one relating their position & task according to the *muster list* and reported to Master by handy talky on internal working channel as sample as follows; • Ketua tim Mualim-I selaku Perwira Keselamatan dan atau Wakilnya mengumpulkan semua anggota. Menanyakan mereka satu persatu sehubungan dengan posisi & tugas sesuai Daftar Sijil Darurat dan melaporkan ke Nakhoda dengan menggunakan radio genggam pada Chanel kerja internal sesuai contoh berikut; • C/O :“Bridge, Muster station Calling come in please, over”? • MASTER :“Muster Station, Bridge replying come in, over”? • C/O :“Roger Captain, all crew mustered on the station total 21 persons, 2 persons duty in engine room, PPE checked and ready to carry out .......drill , over”? (sebutkan ......... drill yg akan dilaksanakan ; Boat Drill, MOB, Fire Drill, Bomb Treat Drill, etc.) • MASTER :“Roger, please proceed, Stand by”! • C/O :“Roger, proceed, Stand by”!
- 4. MUSTER LIST Muster list shall be displayed on the wheel house, alley passage of each deck, mess room/recreation room & Engine Control Room. • Daftar Sijil kumpul harus ditempel disetiap tempat-tempat strategi diatas kapal seperti ruang kemudi, gang-gang tiap deck, ruang makan perwira dan ruang makan bawahan, ruang rekreasi dan ruang kontrol mesin.
- 5. MUSTER STATION • When mustered on the station the commander shall inspect the PPE & Life Jacket of every crew member to ensure all in working order. • Saat berkumpul di Sijil Kumpul / Muster Station, komandan harus memeriksa PPE & Life Jacket setiap ABK untuk memastikan semua abk menggunakan PPE dan Life Jacket dengan benar, dalam keadaan baik dan berfungsi.
- 6. LIFE JACKET • LIFE JACKET in accordance with LSA Code Ch. II 2.2 / SOLAS Reg.7.2 – Whistle, Light / Battery replaced – LSA 2.2.3 – Retro-reflective tape – Lanyard for securing – Cleared mark of: • Name of Vessel • Port of registry • Rank
- 7. SEKILAS PELENGKAP LIFE JACKET • Setelah kejadian kapal Titanic, maka IMO memutuskan melalui LSA Code bahwa Life jacket, Immersion Suit, Life Buoys, Life Boat harus dilengkapi dengan Retro-Reflective Tape, dan Life Jacket serta Immersion Suits harus diikat dengan Sempritan yang berguna untuk menarik perhatian secara audible/suara, juga Lampu cerlang dengan nyala kedap kedip (flashes 50-70 per menit) untuk menartik perhatian secara visual/cahaya dan Retro- reflective Tape yang berfungsi untuk memantulkan cahaya yang diterima, adapun lanyard untuk mengikat.
- 8. Cara Penggunaan Baju Penolong (Life Jacket) • 1. Buka Baju Penolong • 2. Periksa Lampu, test fungsi • 3. Periksa Peluit, test fungsi • 4. Pakaikan dengan memasukan lengan kiri-kanan • 5. Ikatkan tali pada bagian dada dibawah ketiak • 6. Ikatkan tali pada bagian pinggang • 7. Setelah selesai kenakan, ikat life jacket seperti semula dan simpan dikamar masing-masing pada tempatnya yang harus ada IMO Symbol untuk tempat simpan Life Jacket.
- 9. Alat Bantu Keselamatan Perorangan (Personal Protecting Equipment)• PERIKSA PERSONNEL PROTECTING EQUIPMENT (PPE) i.e; –Safety Helmet –Safety Shoes –Cover all/Wear Park –Gloves, Google, Ear Protect, etc • *Safe Working Practice for Merchant Ch. 4
- 10. IMMERSION SUIT IMMERSION SUIT atau Baju Celup wajib ada diatas kapal-kapal yang berlayar di perairan Internasional (Foreign Going), Dibagikan ke masing- masing crew, Spare : life boat kiri-kanan, di anjungan dan di ECR dan Haluan, IMMERSION SUIT dipakai saat akan meninggalkan kapal, melindungi tubuh pengguna dari Frost Bite/Kedinginan saat berada di air dengan suhu dingin. Dikombinasikan dengan Life Jacket untuk terapung. Dilengkapi dengan Sempritan, Lampu dan Retro-Reflective Tape Dipakai menutup seluruh tubuh, kecuali wajah Agar air tidak membasahi tubuh, Menjaga suhu tubuh dari cuaca extrem
- 11. THERMAL PROTECTIVE AID (TPA) THERMAL PROTECTIVE AID, DIGUNAKAN UNTUK MENGEMBALIKAN SUHU TUBUH YANG TADINYA SEMPAT TURUN AKIBAT CUACA EXTRIM (DINGIN), MISALNYA SETELAH MENAIKAN KORBAN DARI AIR. MASING-MASING 2 BUAH TPA DISETIAP SEKOCI PENOLONG
- 12. BRIDGE PYROTECHNIC KHUSUS UNTUK ANJUNGAN 12 PCS ROCKET PARACHUTE SIGNAL 6 PCS RED HAN FLARE 4 PCS BUOYANT SMOKE SIGNAL
- 13. LINE TRHOWING APPARATUS 4 SETS LINE THROWING, -DIGUNAKAN UNTUK MELEMPAR TALI (heaving line) KESUATU TEMPAT YANG MENJADI TARGET DENGAN CARA MENARIK PELATUK, SEHINGGA ROCKET YANG ADA AKAN MELUNCUR MEMBAWA TALI PENGHUBUNG. - SEBELUM NENEMBAK, - BUKA PENUTUP ATAS & BAWAH, - UJUNG TALI DIIKAT PADA RAILING KAPAL. - KEMUDIAN IKAT TALI LAIN YANG BERUKURAN LEBIH BESAR (MASSENGER LINE ATAU TROSS) - TALI INI YANG AKAN DIPAKAI UNTUK TUJUAN EVAKUASI ATAU MENGIRIM/MENERIMA SESUATU YANG PENTING (SAFETY) KETEMPAT LAIN ATAU SEBALIKNYA
- 14. LIFE BUOUY /PELAMPUNG • LIFE BUOY - SOLAS Ch.III Reg.32, LSA Ch.II 2.1.1 • Ukuran Life Buoy : – Inner Dia 400mm – Outer Dia 800mm Marking dgn jelas : – Name of Ship – Port of Registry – Retro-Reflective Tape – Gripe Lines
- 15. Light and Smoke Signal (MOB Light and Smoke Signal (MOB) 2 PCS - LSA 2.1.3 • Battery expired 3 year • Lanyard/tali pengikat 1 meter • disambung ke life buoy • Mounted bracket/ tempat simpan MOB • MOB dilengkaoi dengan Lampu Flashing untuk signal orang jatuh kelaut malam hari dan berisi asap jingga untuk signal Orang Jatuh Kelaut siang hari.
- 16. PELENGKAP LIFE BUOY – Attachment / Life Buoy harus dicantol dengan : • Self Igniting Light 4 PCS - LSA 2.1.2 • Battery • Bulb, Lamp • Lanyard about 1 meter • Box/Kotak tempat untuk menyimpan Lampu Menyala Sendiri (Self Igniting Light), disimpan secara terbalik kepala dibawah, saat dibuang kelaut lampu tersebut akan terapung kepala diatas (lampu akan menyala flashing).
- 17. Buoyant Life-Line • Life Buoy dilengkapi dengan Tali yang dapat terapung diatas air dengan ukuran ; • Dia meter 8 mm, panjang tali 27.5 meter, untuk kapal baru 30 mtr .
- 18. Life Buoy without attachement Pelampung tanpa cantolan tali • Yang bertujuan jika ada orang jatuh Kelaut, dapat segera dibuang kelaut • Sedekat mungking dengan korban karna • Diletakan di poop deck/dek buritan kiri/ • Kanan dan dekat gangway kiri/kanan.
- 19. LIFE RAFT CLEARLY MARK & CRADLE : • Manufacture • Type / Serial Number • Name of Ship • Registry Capacity • Next Service • Painter Line HRU • Lashing with senhouse slip • And Pelican Hook • Hydrostatic Release Unit (HRU) expired date 3 years valid repectively.
- 20. Hydrostatic Release Unit (HRU) canopy
- 21. LIFE RAFT, LASHING & HRU LIFE RAFT DITEMPATKAN PADA CRADLE, DILASHING SEDEMIKIAN RUPA SEHINGGA TERIKAT KUAT MELALUI HRU MENJADI SATU DENGAN BODY KAPAL HRU, TERSAMBUNG DENGAN LASHINGAN DAN DIIKAT KE CRADLE CRADLE, DIWELDING PADA DECK KAPAL MECHANISM SYSTEM, MELUNCURKAN LR DENGAN CARA MEMUTAR HANDLE KEMUDIAN MENARIKNYA SEHINGGA LENGAN PENAHAN LR SISI LAUT TERBUKA DAN LR MELUNCUR KELAUT SHENHOUSE SLIP
- 22. FUNGSI SYTEM MEKANISME MENURUNKAN LR DENGAN CARA MANUAL MEKANISME : - PASTIKAN PAINTER LINE TERIKAT PADA BODY KAPAL, - BUKA LASHING, - PUTAR HANDLE KEKANAN, - TARIK HANDLE, - LENGAN PENAHAN LR SISI LAUT AKAN TERBUKA DAN MENJADI LANDASAN PELUNCUR,- LR AKAN MELUNCUR DENGAN SENDIRINYA,- PAINTER LINE AKAN TERSENTAK DAN MENGAKIBATKAN TABUNG 02 TERBUKA MENIUP UDARA PADA SYSTEM BUOYANCY, - LR TERBUKA MENJADI CANOPY HANDLEHANDLE PAINTERPAINTER LINELINE
- 23. FUNGSI HYDROSTATIC REALEASE UNIT (HRU) SAAT KAPAL TERJADI ACCIDENT TABRAKAN, BOCOR DAN TENGGELAM SECARA MENDADAK, DIMANA LIFE RAFT TIDAK SEMPAT DILUNCURKAN SECARA MANUAL, MAKA PERAN HRU AKAN MENJADI ANDALAN. 1.5 M – 4 M BERADA DIBAWAH PERMUKAAN AIR, HRU BERFUNGSI SEBAGAI BERIKUT ; TERJADI MEMBRAN, AIR AKAN MENEKAN VERTICAL SPRING ADA PIN DIUJUNGNYA YANG BERFUNGSI UNTUK MENAHAN HORIZONTAL SPRING, SETELAH PIN TERANGKAT MAKA HORIZONTAL SPRING YANG ADA PISAU TAJAM DIUJUNGNYA AKAN MELUNCUR PISAU TAJAM PADA UJUNG HORIZINTAL SPRING MELUNCUR DAN MEMOTONG TALI PERPANJANGAN LASHING PADA HRU
- 24. FUNGSI HRU PISAU TAJAM PADA UJUNG SHORIZINTAL SPRING MELUNCUR DAN MEMOTONG TALI PERPANJANGAN LASHING PADA HRU SETELAH PUTUS, CAPSUL LIFE RAFT AKAN BEBAS DARI LASHINGAN DAN TINGGAL PAINTER LINE DENGAN WEAK LINK YANG MENAHAN CAPSUL LIFE RAFT. WEAK LINK DIRANCANG HANYA UNTUK MENAHAN KEKUATAN 0.4 kN WEAK LINK DIRANCANG HANYA DAPAT MENAHAN CAPSUL LR, PAINTER LINE TERTARIK DAN MEMBUKA TABUNG O2 YANG ADA PADA CAPSUL DIDALAM BUOYANCY (BENEN) KEMUDIAN MENIUP DAN LR TERBUKA MENJADI CANOPY. SETELAH TERBUKA LR MENJADI BEBAN BERAT BAGI WEAK LINK DAN TIDAK MAMPU MENAHAN SEHINGGA PUTUS, CANOPY BEBAS TERAPUNG, KAPAL TENGGELAM DAN CANOPY MUNCUL KEPERMUKAAN LAUT.
- 25. LIFE BOATS – Weekly inspection, running test of Engine/Lights/Batteries & record to Log Book/Checklist • Harus dilakukan Inspeksi mingguan mencakup badan sekoci luar/dalam, lampu, baterai, kemudi, propeller, isi dari sekoci penolong termasuk disertai test fungsi mencakup Mesin, Lampu, – Monthly Inspection, swing out, record & report – Quarterly Launching to the water & Manoeuvring & recovered
- 26. LIFE BOATS Clearly Marked : –Name of ship –Port of registry –Call Sign –IMO Number –MMSI Number (if necessary) –Size of the boat –Capacity = 25 persons –Retro-reflective tape –Grape Lines
- 27. CONTENT AND EQUIPMENTS OF LIFEBOAT • Water Tight Locker (Loker Alat-alat Anti Air) • Provision Tank (Loker Makanan) • IMMERSION SUIT • TPA, Thermal Protective Aid (Baju Penghangat Tubuh) PYROTECHNIC • Rocket Parachute Signal • Red Hand Flare • Buoyant Smoke Signal Buoyant Smoke Signal Red Hand FlareRocket Parachute Flare
- 28. CONTENT AND EQUIPMENTS OF LIFEBOAT • Starter Switch (Tombol Starter Mesin) • Interior Lamp (Lampu Interior Sekoci) • Exterior Lamp(Lampu Luar Sekoci) • Boat Falls Release Unit (Alat Pelepas Wire Gancu Sekoci) • Hook (Pengait Sekoci Gantungan Dewi-Dewi) • Fall Preventer Device
- 29. FALL PREVENTER DEVICE TERBUAT DARI BAHAN FIBRE STROPS,. BEFUNGSI UNTUK MENCEGAH TERJADI PREMATURE JATUHNYA SEKOCI AKIBAT DARI KESALAHAN TECHNIC RELEASE UNIT (MEKANISME PELUNCUR LIFE BOAT). PASTIKAN FPD TERPASANG SEBELUM SWING OUT DAN MENURUNKAN SEKOCI. SAAT SEKOCI BERADA 1 METER DIATAS AIR, BUKA FPD, DAN PASANG KEMBALI SEBELUM MENAIKAN SEKOCI DARI AIR UNTUK DISIMPAN PADA DEWI-DEWI.
- 30. RESCUE BOAT • SOLAS Ch.III Reg.21.2/Reg.31.2, LSA Ch.V.5.1 • RESCUE BOAT MV. CTP FORTUNE adalah yang Nomor 1 (Disebelah KANAN). • Pada dasarnya Sekoci penolong Kiri dan Kanan sama saja,namun untuk kapal ini sekoci penolong menjadi Rescue Boat.
- 31. LIFE BOAT, SEKOCI PENOLONG CALL SIGN HAND RAIL SKY LIGHT RETRO- REFLECTIVE TAPE HAND HOLD SHIP’S NAME & REGISTRY SIZE AND CAPACITY ENTRANCE DOOR REMOTE LINE SHIP’S NAME & REGISTRY SUSPENSE BLOCK SUSPENSE BLOCK LIFE BOAT HOOK
- 32. DAVITS, DEWI-DEWI STAND OF DAVIT DAVIT ARMS & FRAMES LASHING ARANGEMENTS LASHING LEVER CRADLE STOPPER & SHEAVE SHAFT HANDLE FOR CRADLE SOPPER HORNE SUSPENTION BLOCK SUSPENTION BLOCK (PFD) FALL PREVENTION DEVICE REMOTE LINE BRAKE LEVER LIFE BOAT WINCH SWITCH OFF LIMIT MANUAL HANDLE FOR LIFT UP PAINTER LINE
- 33. JACOB LADDER JACOB LADDER, UNTUK AKSES, TANGGA NAIK -TURUN DARI KAPAL KE LIFE BOAT/LIFE RAFT. TERBUAT DARI BAHAN KAYU, ANTI-SLIP. SIDE ROPE DARI TALI MANILA (SOLAS STANDARD). PANJANG JACOB LADDER DARI BOAT DECK DAPAT MENCAPAI PERMUKAAN AIR PADA SAAT KAPAL KOSONG (LIGHT SHIP) WALAUPUN DENGAN KEMIRINGAN KAPAL 30º (KIRI/KANAN)
- 34. LIFE BOAT DAVITS, DEWI-DEWI • BOAT DAVIT LSA Ch.VI 6. – DAVITS/DEWI-DEWI • Yearly examined of loose gear by Competent Firm Recognized by Class • Test empty condition/tanpa crew/tanpa beban • Five Yearly Test loaded condition (Dynamic Tested) Loaded with full sandbag equal total persons + 30% of Weight.
- 35. Cont,..LIFE BOAT DAVITS, DEWI-DEWI • Test loaded/test isi penuh (tiap karung berisi 70kg utk berat rata-2 tiap crew X 25 karung + 7.5 karung untuk berat 30% = 25 karung X 70kg = 1750kg = 1.750tons + (30% X 1750kg) = 2275kg = 2.275tons (total abk untuk kapal ini tidak boleh lebih dari 25persons (Maximum 25) • Winch Brake to be overhauled witnessed by Class • Switch-off limit • Remote Control line – LIFE BOAT FALLS / WIRE • 5 year renewed + Class approved Certificate & • 2.5 year end to end turned (no more required)
- 36. SEARCH & RESCUE RADAR TRANSPONDER (SART) Sebuah SART hanya dapat dideteksi oleh RADAR X-Band (3CM) dengan jangkauan +/- 8NM, dengan tanda titik- titik 12 (12 dot bahkan 24 dots) Digunakan untuk meninggalkan kapal, masing-2 disetiap Life Boat/Life Raft Masa berlaku Battery 3 Tahun
- 37. EMERGENCY POSITIONING INDICATING RADIO BEACON (EPIRB) Berbeda dengan HRU Life Raft, bahwa HRU EPIRB jika kapal tenggelam, dan bila EPIRB tidak sempat dioperasikan secara manual, maka saat berada di dalam air mengalami membran kemudian spring menendang sehingga penutup bracket akan terbuka dan EPIRB menjadi bebas & terapung ke permukaan air dan secara otomatis memancarkan Identitas dan Posisi (Lat/Long) ke SATELIT COSPAS-SARSAT pada Band 406 MHz, lalu meneruskannya ke RCC (Rescue Coordination Centre) untuk kemudian kesetiap mobile station. EPIRB installed di bridge wing kiri atau kanan diruang terbuka tanpa ada halangan, dengan tujuan selain mudah diraih untuk dibawa kesekoci penolong atau ke rakit penolong, namun tujuan utamanya apabila kapal mengalami suatu kejadian yang menyebabkan kapal tenggelam maka peran HRU menjadi andalan. Transmit Directly to satellite COSPAS-SARSAT & (RCC) COAST STATION, MF, HF, VHF SHIPS/MODU . Identitas kapal : MMSI (Maritime Mobile Service Identity, CALL SIGN, NAMA KAPAL, IMO No., PORT OF REGISTRY, FLAG.
- 38. TWO-WAY RADIO TELEPHONE (PORTABLE VHF) TWO-WAY RADIO TELEPHONE 3 SETS LENGKAP DENGAN CHARGER DAN 3 SPARE BATTERY. DIGUNAKAN UNTUK MENINGGALKAN KAPAL PADA LIFE BOAT ATAU LIFE RAFT. BATTERY TAHAN 8 JAM. SPARE BATTERY EXPIRE 5 TAHUN
- 39. SCENARIO & RISK ASSESSMENT • HAL-HAL YANG HARUS DILAKUKAN SEBELUM MENURUNKAN SEKOCI; SIAPKAN SCENARIO ABANDON SHIP LAKUKAN RISK ASSESSMENT SESUAI FORM/CHECKLIST MINTA IJIN PORT CONTROL PADA CHNL 16/12 ATAU SESUAI PERATURAN LOKAL RECORD PADA LOG BOOK & CHECKLIST TERKAIT
- 40. PILOT LADDER PILOT LADDER, UNTUK AKSES NAIK TURUN DARI KAPAL KE PILOT BOAT. TERBUAT DARI BAHAN KAYU, ANTI-SLIP. PANJANG SESUAI DENGAN UKURAN KAPAL. UNTUK KAPAL YANG LAMBUNG BEBAS (FREE BOARD) LEBIH DARI 9 METER, HARUS DIKOMBINASIKAN DENGAN (accommodation Ladder) GANGWAY. TERBUAT DARI PAPAN ANTI- SLIP DAN 3 STEP TERAKHIR HARUS TERBUAT DARI MATERIAL KARET/SOLAS STANDARD. SIDE ROPE DARI TALI MANILA Supply kekapal harus disertai Certificate.
- 41. MAN OVER BOARD JIKA ANDA MENGETAHUI ADA ORANG JATUH KELAUT; -TERIAK SEKUAT-KUATNYA “ORANG JATUH KELAUT SEBELAH KANAN/KIRI SECARA BERULANG-ULANG. - LEMPAR LIFE BUOY SEDEKAT MUNGKIN DENGAN SI KORBAN. - AWASI TERUS SI KORBAN SAMBIL BERUSAHA UNTUK MENYAMPAIKAN BERITA TERSEBUT KEPADA ORANG LAIN & PERWIRA JAGA. - PERWIRA JAGA MENYIMPANGKAN HALUAN KEARAH MANA KORBAN JATUH. - INFORMASIKAN KE : MASTER, ECR, KKM DAN UMUMKAN LEWAT P.A - TEKAN TOMBOL MOB PADA GPS - SIAPKAN MESIN UNTUK MANUVER, DST.
- 42. NAVIGATION AIDS ALAT-ALAT BANTU NAVIGASI ALDIS GONG BELL BLACK BALLS PUBLIC ADDRESSOR MICRO PHONE, CONVENTIONAL FOG SIGNALS (KABUT) WHISTLE (SULING) PUBLIC ADDRESSOR PAGING BY PRESS ‘0” SELANJUTNYA ADA DALAM DAFTAR BRIDGE EQUIPMENTS/DAFTAR BRIDGE EQUIPMENTS/ BRIDGE EQUIPMENTS INVENTORYBRIDGE EQUIPMENTS INVENTORY
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
KETERANGAN SINGKAT ALAT KESELAMATAN KAPAL
1. LSA = LIFE SAVING APPLIANCES SOLAS 74 Ch. III + LSA CODE • DAFTAR DARI SEMUA ALAT-ALAT KESELAMATAN YANG ADA DIATAS KAPAL; ...
-
BAGIAN-BAGIAN LIFERAFTS LIFERAFT SERVICE MAINTENANCE Liferaft atau sekoci atau perahu penyelamat atau rakit...
-
1. LSA = LIFE SAVING APPLIANCES SOLAS 74 Ch. III + LSA CODE • DAFTAR DARI SEMUA ALAT-ALAT KESELAMATAN YANG ADA DIATAS KAPAL; ...
-
RAKIT PENOLONG OTOMATIS (INFLATABLE LIFERAFTS) Inflatable liferats adalah rakit penolong yang ditiup secara otomatis. Alat peniupn...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar